Kamis, 20 November 2014

RPP 2013 kelas 11 SMA (Ungkapan memberikan saran dan tawaran)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah             : SMA N 1 TRIMURJO
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Kelas/Semester   : XI/1
Materi Pokok      :Ungkapan memberikan saran                            dan tawaran
Alokasi Waktu     : 2 X 45 menit
 pertemuan 1

A.  Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

    Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.1.1        Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.1.2        Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.1.3        Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan saran dan penawaran.


C.  Tujuan Pembelajaran

Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang suatu saran dan tawaran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D. Materi Pembelajaran

“Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya.”

1.   Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.


2.   Struktur text
Gamal   : Why don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will understand.
Siti        : I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.
Gamal   : I don’t think so. Just go.

Evi        : He will go out from the class at 10. You can wait for him in my room.
Johan    : Thanks a lot. But I’d better go to bank first, and then I’ll go back
Evi        : Okay. I’ll tell him that you came.

3.    Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan , dsb.
(2)   Tata bahasa:  simple past tense, simple present tense, present perfect tense.
(3)   Kata kerja bantu modal should, have to, can, will, dsb.
(4)   Ungkapan I think, I know.
(5)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)   Ejaan dan tanda baca
(8)   Tulisan tangan
4.   Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas.

E.  Metode Pembelajaran

Grammar translation methode
Role play tehnik
Pendekatan scientifik
Strategi :Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.    Media/ Alat/Bahan
-          Power point presentation
-          Video tentang memberikan saran: Learn To Give Advice. Easy English Conversation Practice
-          Video tentang memberikan tawaran: Can, could and would for invitations, offers, requests, and permission.
-          Loud speaker laptop
-          laptop
-          LCD
2.    Sumber Belajar
-          Buku Siswa Bahasa Inggris SMK kelas XI semester 1
-          Guru
-          Internet:



G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1)     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru mebuka dengan salam dan berdoa bersama
·         Brainstorming
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.




2)     Kegiatan Inti
Mengamati
·           Siswa menyimak  contoh video tentang ungkapan memberikan saran yang diputar oleh guru
·           Siswa mengamati nilai moral dari dialog dalam video
·           Siswa belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan saran, respon, dan solusinya berdasarkan video yang disajikan
·           Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan saran dan responnya.
·           Siswa dituntut untuk mencontoh video tersebut dengan memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya


Menanya
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
·           Siswa saling berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan saran dan responnya.


Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·         Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·         Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta responnya.
·         Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran dan tawaran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

3)     Kegiatan Penutup
·           Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·           Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·           Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

H.   Penilaian
1.   Jenis/teknik penilaian
-          tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
Sikap:
-       observasi, penilaian diri, teman sejawat
    (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
-       Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
    Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya


Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan &penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.

2.   Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang harapan dan cita-cita) dan tes tertulis (membuat dialogue dan jazz chant yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri).

3.   Pedoman penskoran
Rubrik
a.  Aspek Sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

2.
Bertanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab

3.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

4
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang disiplin percaya diri
1: tidak pernah percaya diri




b.  Aspek Pengetahuan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami


c . Aspek Keterampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat



I.   Penilaian

1.   Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.

2.   Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cinta damai
1.






2.






3.






4.













40







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
4          = selalu konsisten
5           
Penilaian Proyek

Nama Proyek   :
Alokasi waktu   :
Pembimbing     :

Nama              : (kelompok/pribadi)
Kelas              : ________________________

No.
Aspek
Skor (1 – 5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN
Pembuatan dialog tentang memberikan saran






2.
PELAKSANAAN







a.  Isi







b.  Struktur Teks







c.   Kosakata







d.  Kalimat







e.  Mekanik






3.
LAPORAN PROYEK







a.  Performa







b.  Penguasaan materi proyek







Metro, Agustus 2014

Mengetahui,
Guru Pamong                                                Guru Mata Pelajaran




Ristuning Waluyati, S.Pd                                             Dedi Setiawan
NIP.    197708102005022002                                       NPM. 1175767

Kepala SMA N 1 TRIMURJO



Drs. PURYANTO

NIP. 196504051990031009













pertemuan 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah             : SMA N 1 TRIMURJO
Mata Pelajaran    : Bahasa Inggris
Kelas/Semester   : XI/1
Materi Pokok      :Ungkapan memberikan saran dan
  tawaran
Alokasi Waktu     : 2 X 45 menit


A.  Kompetensi Inti (KI)

1.    Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2.    Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai),  santun, responsif dan pro-aktif  dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.    Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif  berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.  Kompetensi Dasar dan Indikator

1.1.    Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2.  Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli, kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1   Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya, sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1   Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks

    Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.1.1        Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.1.2        Mengurai gambaran umum dan informasi tertentu dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri dan bertanggung jawab.
3.1.3        Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan saran dan penawaran.


C.  Tujuan Pembelajaran

Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang suatu saran dan tawaran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab.

D. Materi Pembelajaran

“Teks lisan dan tulis untuk memberi saran dan tawaran dan responnya.”

1.   Fungsi Sosial
Menjaga hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.


2.   Struktur text
Gamal   : Why don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will understand.
Siti        : I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.
Gamal   : I don’t think so. Just go.

Evi        : He will go out from the class at 10. You can wait for him in my room.
Johan    : Thanks a lot. But I’d better go to bank first, and then I’ll go back
Evi        : Okay. I’ll tell him that you came.

3.    Unsur kebahasaan
(1)   Kosa kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan , dsb.
(2)   Tata bahasa:  simple past tense, simple present tense, present perfect tense.
(3)   Kata kerja bantu modal should, have to, can, will, dsb.
(4)   Ungkapan I think, I know.
(5)   Penggunaan nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
(6)   Ucapan, tekanan kata, intonasi
(7)   Ejaan dan tanda baca
(8)   Tulisan tangan
4.   Topik
Berbagai hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb. tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun di luar kelas.

E.  Metode Pembelajaran

Grammar translation methode
Role play tehnik
Pendekatan scientifik
Strategi :Menyimak, diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)

F.  Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

1.    Media/ Alat/Bahan
-          Power point presentation
-          Video tentang memberikan saran: Learn To Give Advice. Easy English Conversation Practice
-          Video tentang memberikan tawaran: Can, could and would for invitations, offers, requests, and permission.
-          Loud speaker laptop
-          laptop
-          LCD
2.    Sumber Belajar
-          Buku Siswa Bahasa Inggris SMK kelas XI semester 1
-          Guru
-          Internet:



G. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

1)     Kegiatan Pendahuluan
·         Guru mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·         Guru mebuka dengan salam dan berdoa bersama
·         Brainstorming
·         Guru menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·         Guru menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·         Guru menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan siswa  untuk menyelesaikan latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.




2)     Kegiatan Inti
Mengamati
·           Siswa menyimak  contoh video tentang ungkapan memberikan saran yang diputar oleh guru
·           Siswa mengamati nilai moral dari dialog dalam video
·           Siswa belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan saran, respon, dan solusinya berdasarkan video yang disajikan
·           Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan saran dan responnya.
·           Siswa dituntut untuk mencontoh video tersebut dengan memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya


Menanya
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
·           Siswa saling berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan saran dan responnya.


Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·         Siswa mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·         Siswa menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap yang benar.
·         Dengan bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta responnya.
·         Secara kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang terstruktur

Mengasosiasi
·      Siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·      Siswa membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah dipelajari  tersebut di atas dengan yang ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·      Siswa memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial dan unsur kebahasaan yang digunakan

Mengkomunikasikan
·      Siswa menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran dan tawaran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·      Siswa berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang jelas dan rapi.
·      Siswa membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan tawaran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.

3)     Kegiatan Penutup
·           Siswa  dengan bimbingan guru menyimpulkan pembelajaran hari itu
·           Guru memberikan umpan balik pembelajaran
·           Guru menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya

H.   Penilaian
1.   Jenis/teknik penilaian
-          tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga mengkomunikasikan.  
Sikap:
-       observasi, penilaian diri, teman sejawat
    (capaian siswa dinilai oleh guru, siswa sendiri dan temannya dengan menggunakan daftar cek atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
-       Jurnal, di dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
    Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya


Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan &penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.

2.   Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang harapan dan cita-cita) dan tes tertulis (membuat dialogue dan jazz chant yang dimodifikasi dengan bahasa sendiri).

3.   Pedoman penskoran
Rubrik
a.  Aspek Sikap

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Jujur
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur

2.
Bertanggung jawab
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung jawab

3.
Kerjasama
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama

4
Disiplin
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin

5
Percaya diri
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya diri
2: jarang disiplin percaya diri
1: tidak pernah percaya diri




b.  Aspek Pengetahuan

No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Pengucapan
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

2.
Intonasi
5 = Hampir sempurna
4 = ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3 = ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2 = banyak kesalahan dan mengganggu makna
1 = terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami

3.
Ketelitian
5 = sangat teliti
4 = teliti
3 = cukup teliti
2 = kurang teliti
1 = tidak teliti

4.
Pemahaman
5 = sangat memahami
4 = memahami
3 = cukup memahami
2 = kurang memahami
1 = tidak memahami


c . Aspek Keterampilan
No.
Butir Sikap
Deskripsi
Perolehan skor
1.
Melakukan tindak komunikasi yang tepat
5 = Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4 = Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3 = Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2 = Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1 = tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat



I.   Penilaian

1.   Jenis/Teknik Penilaian
·         Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama pembelajaran)
·         Pengetahuan: tes tertulis
·         Keterampilan: reading aloud, keterampilan mengembangkan draf, project.

2.   Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
Nama
Sikap
Keterangan
Tanggungjawab
Peduli
Kerjasama
Cinta damai
1.






2.






3.






4.













40







Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
4          = selalu konsisten
5           
Penilaian Proyek

Nama Proyek   :
Alokasi waktu   :
Pembimbing     :

Nama              : (kelompok/pribadi)
Kelas              : ________________________

No.
Aspek
Skor (1 – 5)
Keterangan
1
2
3
4
5
1.
PERENCANAAN
Pembuatan dialog tentang memberikan saran






2.
PELAKSANAAN







a.  Isi







b.  Struktur Teks







c.   Kosakata







d.  Kalimat







e.  Mekanik






3.
LAPORAN PROYEK







a.  Performa







b.  Penguasaan materi proyek







Metro, Agustus 2014

Mengetahui,
Guru Pamong                                                Guru Mata Pelajaran




Ristuning Waluyati, S.Pd                                             Dedi Setiawan
NIP.    197708102005022002                                       NPM. 1175767

Kepala SMA N 1 TRIMURJO



Drs. PURYANTO

NIP. 196504051990031009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar