Rabu, 19 November 2014

FAKTA SAJEN BALI




"Don not judge the book by the cover itself"

Ini adalah IMPIAN AKU ke-675 "Keliling Indonesia Gratis kutulis tahun 2011 tanggal 2 januari" dan tercapai di tahun 2013. The law of attraction telah bekerja karena kuasa Alloh.

BALI alhamdillah sekarnag bukan manjadi tempat yang hanya menjadi impian saja untuk dikunjungi. ane pernah seminggu disana menikmati alam dan adat serta budaya yang luar biasa membuka mata ane guys tentang Indonesia is unique country. gratis kesana ditambah dapat uang jajan yang lumayan gede bgt hal ini yang bikin asooooi. dulu hanya mimpi, sempat pernah terfikir mustahil aku bisa keliling indonesia karena keterbatasanku, tapi Alloh berkehndak lain. sudahi saja ceri nya balik lagi di headline awal guys.

selama ini saya salah sangka sama temen2 saya yang agmanya hindu karena seallu ngasih SAJEN (CANANG) yang terdiri dari bunga,permen , nasi dibungkus daun kelapa dll sebagai kepercayaan orang sana biar aman katanya.  sajen ini bener-bener dimana mana guys muali dari dashboard mobil,dipinggir jalan,depan ruamh sampai tempat- tempat usaha dan pohon pohon. berfikir bahwa mubadzir banget yah nih sajen g kemakan,, dan katanya kalu kita ambil bisa bikin kualat, gitu makanya bikin ane penasaran apa sih maksud orang bali selalu bikin sajen terus, ini hasil study yang say lakukan guys.

FAKTA TENTANG SAJEN BALI.

1. Makna dari persembahan sesajen ini untuk menetralisir alam sekitar karna agama Hindu mengenal Tri Hitakarana yang artinya hubungan manusia dengan sesama, hubungan manusia dengan binatang, hubungan manusia dengan tumbuhan atau alam. Dan supaya mereka tidak di gangu atau di usik oleh roh-roh jahat. Semua orang bisa membuat sesajen – sesajen tersebut tapi pada umumnya di kerjakan oleh kaum perempuan dan ada juga sesajen yang khusus di buat oleh laki – laki, kata mbok selaku tour guide  penganut agama Hindu.

what you give what you get back here the point I got guys, apa - apa yang kita lakukan akan berimbas pada kita sendiri seperti hukum tabur tuai yang sudah kita kenal. yah mereka melakukan hal seperti ini sanagt bertujuan baik untuk menjalin jalnan indah tanpa ada saling ketercampuran kerusuhan. pengorbanna ini loh yang dicontoh guys, beda guys sama pesugihan pesugihan itu. walupun dalam isalam tidak berkenan sekali melakukan sajen karena setahu ane itu musyrik. tanda sesambahan kita kepada mahluk selain Alloh.

2.Yang menarik dari sesajen di Bali ini bukan sekedar hanya da di bali saja tapi juga ada di AGAMA HINDU seprti di INDIA unikny disini guys ada uang receh dan terkadang biskuit. Dan mungkin hal tersebut tidak ada di agama Hindu yang ada di Negara lain, India misalnya. Dan Kitapun harus tetap menghormati kebudayaan – kebudayaan yang ada di Negara kita khususnya di lingkungan sekitar sehingga tidak dengan mudah terpengaruh dengan datangnya kebudayaan dari luar yang dapat menghilangkan kebudayaan asli kita sendiri.

sebenrya masih bayk guys fakta sajen ini , tunggu postingan selanjutnya yah.
Itu guys yang ane peroleh dari sajen Bali. Bahwa jangan menilai apapun dari covernya, awalny aku negative thinking sama orang-orang bali tapi setelah tau dan tujuan  nya apa baru "Ngeh" . karena keterbatasan dalam hal menulis maaf guys kalau alurnya acak acakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar