RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 01 TRIMURJO
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok :Ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
2.2 Mengembangkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.2.1
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.2
Mengurai gambaran umum dan informasi
tertentu dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.3
Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
4.2.1 Menyunting
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
4.2.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya.”
1.
Fungsi
Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
EXPRESSIONS OF ASKING AND GIVING OPINION
(Meminta dan Memberikan Pendapat)
Opinion is including
the words of opinion and argument/ reasons.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Formal :
- Have you got any comments on …..
- Have you got any comments on …..
- Do you have any idea?
- Do you have any opinion on ……
- Would you give me your opinion on……….?
- What is your reaction to ……
- What is your opinion about……….?
- What are you feeling about………….?
- What are your views on……….?
- Please give me your frank opinion?
Informal
- What do you think of…….?
- What do you think about………?
- What is your opinion?
- Why do they behave like that?
- Do you think it’s going?
- How do you like?
- How was the trip?
- How do you think of Rina’s idea ?
- How do you feel about this dicition?
Giving opinion
Formal :
- I personally believe …..
- I personally consider ….
- I personally think /feel ….
- I hold the opinion ….
- My own view of the matter is ……
- Well, personally …….
- If I had my view, I would …..
Informal
- I think I like it.
- I don’t think I care for it.
- I think it’s good/nice/terrific……..
- I think that awful/not nice/terrible…………
- I don’t think much of it.
- I think that……..
- In my opinion, I would rather……….
- In my case …..
- What I’m more concerned with ….
- What I have in my mind is………
- The way I see is that…………
- No everyone will agree with me, but ….
- To my mind …..
- From my point of view ….
- If you aks me, I feel ….
- Absolutely ………
Generally:
-
Some people believe that............
-
Some people say that.........
-
It is considered..............
-
Almost everyone.............
-
Most people agree with...............
2.
Struktur
text
Personal point of view
Ahmad : What
do you think of english material.
Siti :I think English is the dificult
language that I have learned .
Ahmad : What
do you mean?
Siti. : English is different from Bahasa, it
has many term to arange anything and it makes me confused.
Response
(dissagreeing with an opinion)
Ahmad :I
think you are wrong Siti, English is the easy one if you make it your
habbit in daily life.
General
point of view
Salsabila : what is your opinion about
global warming?
Johan : some
people say that it causes of the wrong way of life.
Salsabila : what do you mean?
Johan : well, we have to start to do what we can do
to help reduce global warming.
Response (agreeing with
opinion)
Salsabila: that’s a good point . let’s do that by
this time.
Yuli: I think
Rina’s answer to the question is not right. It should be ‘vinegar’.
Vivi: I think
it is ‘vinegar’ too, not ‘wine’.
Yani: In my
opinion, our volley ball team needs a new coach. Mr. Zulfan cannot handle too
many teams himself.
Firda: I agree with you.
Rahmat: Our
English should be more active, I suppose. Why don’t we meet three times a week?
Rully: I
agree, but after the final exam. Now we are very busy preparing for it
Unsur
kebahasaan
1.
Kosa
kata terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler, tugas sekolah, kebersihan
lingkungan , dsb.
2.
Tata
bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.
3. Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree, dsb.
4. Kata kerja bantu modal: need, should, will, dsb.
5. Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
6. Ucapan, tekanan kata, intonasi
7. Ejaan dan tanda baca
8.
Tulisan
tangan
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun
di luar kelaskosa kata terkait dengan kehidupan sehari-hari, tugas sekolah,
kebersihan lingkungan , dsb.
E. Metode
Pembelajaran
Grammar
Traslation methode, teacher as models,
Repetition,
fill-in-the-blank,composition technique
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/
Alat/Bahan
-
Power
point presentation
-
Video
tentang giving opinion: Learn
To Give opinion.
-
Loud
speaker.
-
Laptop.
-
LCD
-
Papan tulis, spidol.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Siswa Bahasa Inggris SMA kelas XI semester 1,hal.27,Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Jakarta.2014
-
Interlanguage:English
for Senior High School Students XI. Hal.59, Joko priyana,Riandi dkk,Pusat
Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional,2008. Jakarta.
-
Internet:
o
http://www.youtube.com/watch?v=YftB9rhHp-I
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1)
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Siswa
memipin berdoa dan guru mengucapkan salam.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa.
·
Brainstorming
dengan memulai peramainan dengan menuliskan kata di papan tulis “Snake word”
untuk memberikan pendapat tentang kata tersebut.
·
Guru
memberikan ilustrasi cerita yang mempunyai moral value yang merujuk pada KI
yang didalamnya tentang ungkapan memeberikan opini dan responya.
2)
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan cerita dan menonton video tentang ungkapan memberikan opini yang
diputar oleh guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari dialog dalam cerita.
·
Siswa
belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan opini, respon, dan solusinya
berdasarkan video yang disajikan
·
Siswa
menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan
pendapat dan pikiran(fugsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara cara memberi pendapat dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, , dsb.
·
Siswa saling
berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan pendapat dan
responnya.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi pendapat
dan pikiran serta responnya dalam bahasa Inggris dari buku teks.
·
Siswa
menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi pendapat dan pikiran serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar..
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi pendapat
dan meminta pendapat serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang
ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain yang
digunakan siswa..
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi pendapat
da pikiran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
·
Siswa
membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
memberi pendapat dan pikiran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
3)
Kegiatan
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan memberikan
tugas dirumah untuk pengkayaan.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi,
penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temannya
dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue
dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan
pikiran) dan tes tertulis (membuat dialogue yang dimodifikasi dengan bahasa
sendiri).
3. Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin
percaya diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
I. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: keterampilan mengembangkan draf,
project.
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas :
________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan
dialog tentang
memberikan saran
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Metro,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran
Ristuning
Waluyati, S.Pd Dedi
Setiawan
NIP. 197708102005022002 NPM.
1175767
Kepala SMA N 1 TRIMURJO
Drs.
PURYANTO
NIP. 196504051990031009
pertemuan 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 01 TRIMURJO
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok :Ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
2.2 Mengembangkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.2.1
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.2
Mengurai gambaran umum dan informasi
tertentu dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.3
Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
4.2.1 Menyunting
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
4.2.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya.”
1.
Fungsi
Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
EXPRESSIONS OF ASKING AND GIVING OPINION
(Meminta dan Memberikan Pendapat)
Opinion is including
the words of opinion and argument/ reasons.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Formal :
- Have you got any comments on …..
- Have you got any comments on …..
- Do you have any idea?
- Do you have any opinion on ……
- Would you give me your opinion on……….?
- What is your reaction to ……
- What is your opinion about……….?
- What are you feeling about………….?
- What are your views on……….?
- Please give me your frank opinion?
Informal
- What do you think of…….?
- What do you think about………?
- What is your opinion?
- Why do they behave like that?
- Do you think it’s going?
- How do you like?
- How was the trip?
- How do you think of Rina’s idea ?
- How do you feel about this dicition?
Giving opinion
Formal :
- I personally believe …..
- I personally consider ….
- I personally think /feel ….
- I hold the opinion ….
- My own view of the matter is ……
- Well, personally …….
- If I had my view, I would …..
Informal
- I think I like it.
- I don’t think I care for it.
- I think it’s good/nice/terrific……..
- I think that awful/not nice/terrible…………
- I don’t think much of it.
- I think that……..
- In my opinion, I would rather……….
- In my case …..
- What I’m more concerned with ….
- What I have in my mind is………
- The way I see is that…………
- No everyone will agree with me, but ….
- To my mind …..
- From my point of view ….
- If you aks me, I feel ….
- Absolutely ………
Generally:
-
Some people believe that............
-
Some people say that.........
-
It is considered..............
-
Almost everyone.............
-
Most people agree with...............
2.
Struktur
text
Personal point of view
Ahmad : What
do you think of english material.
Siti :I think English is the dificult
language that I have learned .
Ahmad : What
do you mean?
Siti. : English is different from Bahasa, it
has many term to arange anything and it makes me confused.
Response
(dissagreeing with an opinion)
Ahmad :I
think you are wrong Siti, English is the easy one if you make it your
habbit in daily life.
General
point of view
Salsabila : what is your opinion about
global warming?
Johan : some
people say that it causes of the wrong way of life.
Salsabila : what do you mean?
Johan : well, we have to start to do what we can do
to help reduce global warming.
Response (agreeing with
opinion)
Salsabila: that’s a good point . let’s do that by
this time.
Yuli: I think
Rina’s answer to the question is not right. It should be ‘vinegar’.
Vivi: I think
it is ‘vinegar’ too, not ‘wine’.
Yani: In my
opinion, our volley ball team needs a new coach. Mr. Zulfan cannot handle too
many teams himself.
Firda: I agree with you.
Rahmat: Our
English should be more active, I suppose. Why don’t we meet three times a week?
Rully: I
agree, but after the final exam. Now we are very busy preparing for it
Unsur
kebahasaan
1.
Kosa
kata terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler, tugas sekolah, kebersihan
lingkungan , dsb.
2.
Tata
bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.
3. Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree, dsb.
4. Kata kerja bantu modal: need, should, will, dsb.
5. Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
6. Ucapan, tekanan kata, intonasi
7. Ejaan dan tanda baca
8.
Tulisan
tangan
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun
di luar kelaskosa kata terkait dengan kehidupan sehari-hari, tugas sekolah,
kebersihan lingkungan , dsb.
E. Metode
Pembelajaran
Grammar
Traslation methode, teacher as models,
Repetition,
fill-in-the-blank,composition technique
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/
Alat/Bahan
-
Power
point presentation
-
Video
tentang giving opinion: Learn
To Give opinion.
-
Loud
speaker.
-
Laptop.
-
LCD
-
Papan tulis, spidol.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Siswa Bahasa Inggris SMA kelas XI semester 1,hal.27,Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Jakarta.2014
-
Interlanguage:English
for Senior High School Students XI. Hal.59, Joko priyana,Riandi dkk,Pusat
Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional,2008. Jakarta.
-
Internet:
o
http://www.youtube.com/watch?v=YftB9rhHp-I
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1)
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Siswa
memipin berdoa dan guru mengucapkan salam.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa.
·
Brainstorming
dengan memulai peramainan dengan menuliskan kata di papan tulis “Snake word”
untuk memberikan pendapat tentang kata tersebut.
·
Guru
memberikan ilustrasi cerita yang mempunyai moral value yang merujuk pada KI
yang didalamnya tentang ungkapan memeberikan opini dan responya.
2)
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan cerita dan menonton video tentang ungkapan memberikan opini yang
diputar oleh guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari dialog dalam cerita.
·
Siswa
belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan opini, respon, dan solusinya
berdasarkan video yang disajikan
·
Siswa
menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan
pendapat dan pikiran(fugsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara cara memberi pendapat dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, , dsb.
·
Siswa saling
berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan pendapat dan
responnya.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi pendapat
dan pikiran serta responnya dalam bahasa Inggris dari buku teks.
·
Siswa
menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi pendapat dan pikiran serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar..
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi pendapat
dan meminta pendapat serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang
ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain yang
digunakan siswa..
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi pendapat
da pikiran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
·
Siswa
membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
memberi pendapat dan pikiran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
3)
Kegiatan
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan memberikan
tugas dirumah untuk pengkayaan.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi,
penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temannya
dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue
dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan
pikiran) dan tes tertulis (membuat dialogue yang dimodifikasi dengan bahasa
sendiri).
3. Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin
percaya diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
I. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: keterampilan mengembangkan draf,
project.
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas :
________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan
dialog tentang
memberikan saran
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Metro,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran
Ristuning
Waluyati, S.Pd Dedi
Setiawan
NIP. 197708102005022002 NPM.
1175767
Kepala SMA N 1 TRIMURJO
Drs.
PURYANTO
NIP. 196504051990031009 RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 01 TRIMURJO
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok :Ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari
bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi
2.2 Mengembangkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri dan bertanggung jawab dalam melaksanakan
komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
3.2.
Menganalisis fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan pada ungkapan
menyatakan pendapat dan pikiran, sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.2. Menyusun teks lisan dan tulis untuk
menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran, dengan
memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, benar dan
sesuai konteks.
Indikator Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.2.1
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.2
Mengurai gambaran umum dan informasi
tertentu dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran dengan penuh percaya diri dan
bertanggung jawab.
3.2.3
Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan menyatakan pendapat dan pikiran.
4.2.1 Menyunting
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks.
4.2.2 Menyusun
teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan merespon ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, benar dan sesuai konteks
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan pendapat
dan pikiran dalam teks lisan dan tulis sesuai konteks dengan memperhatikan
fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, yang benar dan menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab
D. Materi
Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis untuk menyatakan pendapat dan
pikiran serta responnya.”
1.
Fungsi
Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
EXPRESSIONS OF ASKING AND GIVING OPINION
(Meminta dan Memberikan Pendapat)
Opinion is including
the words of opinion and argument/ reasons.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Opinion dialogue is a dialog consists of two persons or more who have opinion each others. It can use the expressions, such as in my opinion, in my view, I think etc. Argument dialogue is a dialog that states the arguments or reasons. It can use the words such as first, second etc for arranging arguments.
Formal :
- Have you got any comments on …..
- Have you got any comments on …..
- Do you have any idea?
- Do you have any opinion on ……
- Would you give me your opinion on……….?
- What is your reaction to ……
- What is your opinion about……….?
- What are you feeling about………….?
- What are your views on……….?
- Please give me your frank opinion?
Informal
- What do you think of…….?
- What do you think about………?
- What is your opinion?
- Why do they behave like that?
- Do you think it’s going?
- How do you like?
- How was the trip?
- How do you think of Rina’s idea ?
- How do you feel about this dicition?
Giving opinion
Formal :
- I personally believe …..
- I personally consider ….
- I personally think /feel ….
- I hold the opinion ….
- My own view of the matter is ……
- Well, personally …….
- If I had my view, I would …..
Informal
- I think I like it.
- I don’t think I care for it.
- I think it’s good/nice/terrific……..
- I think that awful/not nice/terrible…………
- I don’t think much of it.
- I think that……..
- In my opinion, I would rather……….
- In my case …..
- What I’m more concerned with ….
- What I have in my mind is………
- The way I see is that…………
- No everyone will agree with me, but ….
- To my mind …..
- From my point of view ….
- If you aks me, I feel ….
- Absolutely ………
Generally:
-
Some people believe that............
-
Some people say that.........
-
It is considered..............
-
Almost everyone.............
-
Most people agree with...............
2.
Struktur
text
Personal point of view
Ahmad : What
do you think of english material.
Siti :I think English is the dificult
language that I have learned .
Ahmad : What
do you mean?
Siti. : English is different from Bahasa, it
has many term to arange anything and it makes me confused.
Response
(dissagreeing with an opinion)
Ahmad :I
think you are wrong Siti, English is the easy one if you make it your
habbit in daily life.
General
point of view
Salsabila : what is your opinion about
global warming?
Johan : some
people say that it causes of the wrong way of life.
Salsabila : what do you mean?
Johan : well, we have to start to do what we can do
to help reduce global warming.
Response (agreeing with
opinion)
Salsabila: that’s a good point . let’s do that by
this time.
Yuli: I think
Rina’s answer to the question is not right. It should be ‘vinegar’.
Vivi: I think
it is ‘vinegar’ too, not ‘wine’.
Yani: In my
opinion, our volley ball team needs a new coach. Mr. Zulfan cannot handle too
many teams himself.
Firda: I agree with you.
Rahmat: Our
English should be more active, I suppose. Why don’t we meet three times a week?
Rully: I
agree, but after the final exam. Now we are very busy preparing for it
Unsur
kebahasaan
1.
Kosa
kata terkait dengan kegiatan ekstrakurikuler, tugas sekolah, kebersihan
lingkungan , dsb.
2.
Tata
bahasa: simple past tense, simple present tense present perfect tense.
3. Ungkapan: I think... I suppose… In my opinion…, agree, diasagree, dsb.
4. Kata kerja bantu modal: need, should, will, dsb.
5. Penggunaan nominal singular dan plural
secara tepat, dengan atau tanpa a, the,
this, those, my, their, dsb secara tepat dalam frasa nominal
6. Ucapan, tekanan kata, intonasi
7. Ejaan dan tanda baca
8.
Tulisan
tangan
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun
di luar kelaskosa kata terkait dengan kehidupan sehari-hari, tugas sekolah,
kebersihan lingkungan , dsb.
E. Metode
Pembelajaran
Grammar
Traslation methode, teacher as models,
Repetition,
fill-in-the-blank,composition technique
Pendekatan scientifik
Strategi : Menyimak,
studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/
Alat/Bahan
-
Power
point presentation
-
Video
tentang giving opinion: Learn
To Give opinion.
-
Loud
speaker.
-
Laptop.
-
LCD
-
Papan tulis, spidol.
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Siswa Bahasa Inggris SMA kelas XI semester 1,hal.27,Kementrian pendidikan dan
kebudayaan, Jakarta.2014
-
Interlanguage:English
for Senior High School Students XI. Hal.59, Joko priyana,Riandi dkk,Pusat
Perbukuan,Departemen Pendidikan Nasional,2008. Jakarta.
-
Internet:
o
http://www.youtube.com/watch?v=YftB9rhHp-I
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1)
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Siswa
memipin berdoa dan guru mengucapkan salam.
·
Guru
memeriksa kehadiran siswa.
·
Brainstorming
dengan memulai peramainan dengan menuliskan kata di papan tulis “Snake word”
untuk memberikan pendapat tentang kata tersebut.
·
Guru
memberikan ilustrasi cerita yang mempunyai moral value yang merujuk pada KI
yang didalamnya tentang ungkapan memeberikan opini dan responya.
2)
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
mendengarkan cerita dan menonton video tentang ungkapan memberikan opini yang
diputar oleh guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari dialog dalam cerita.
·
Siswa
belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan opini, respon, dan solusinya
berdasarkan video yang disajikan
·
Siswa
menirukan model interaksi menyatakan pendapat dan pikiran.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, Siswa mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan
pendapat dan pikiran(fugsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan).
Menanya
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara cara memberi pendapat dalam bahasa Inggris dengan yang
ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan ungkapan lain, , dsb.
·
Siswa saling
berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan pendapat dan
responnya.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi pendapat
dan pikiran serta responnya dalam bahasa Inggris dari buku teks.
·
Siswa
menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi pendapat dan pikiran serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar..
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi pendapat
dan meminta pendapat serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi pendapat dan pikiran serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang
ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain yang
digunakan siswa..
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi pendapat
da pikiran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur kebahasaan
yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
·
Siswa
membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
memberi pendapat dan pikiran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
3)
Kegiatan
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran.
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya dan memberikan
tugas dirumah untuk pengkayaan.
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi,
penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temannya
dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue
dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang pendapat dan
pikiran) dan tes tertulis (membuat dialogue yang dimodifikasi dengan bahasa
sendiri).
3. Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin
percaya diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
I. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: keterampilan mengembangkan draf,
project.
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
5 = selalu konsisten
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas :
________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan
dialog tentang
memberikan saran
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Metro,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran
Ristuning
Waluyati, S.Pd Dedi
Setiawan
NIP. 197708102005022002 NPM.
1175767
Kepala SMA N 1 TRIMURJO
Drs.
PURYANTO
NIP. 196504051990031009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar