RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 1 TRIMURJO
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok :Ungkapan memberikan saran dan tawaran
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
pertemuan 1
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator
Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.1.1
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.1.2
Mengurai gambaran umum dan informasi
tertentu dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.1.3
Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan saran dan penawaran.
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang suatu saran dan tawaran dalam teks lisan dan tulis sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya.”
1.
Fungsi
Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
2.
Struktur
text
Gamal : Why
don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will
understand.
Siti :
I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.
Gamal : I
don’t think so. Just go.
Evi :
He will go out from the class at 10. You
can wait for him in my room.
Johan :
Thanks a lot. But I’d better go to bank
first, and then I’ll go back
Evi :
Okay. I’ll tell him that you came.
3.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa
kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan , dsb.
(2)
Tata
bahasa: simple past tense, simple
present tense, present perfect tense.
(3)
Kata
kerja bantu modal should, have to, can,
will, dsb.
(4)
Ungkapan
I think, I know.
(5)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaan
dan tanda baca
(8) Tulisan tangan
4.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun
di luar kelas.
E. Metode
Pembelajaran
Grammar
translation methode
Role
play tehnik
Pendekatan scientifik
Strategi :Menyimak,
diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/
Alat/Bahan
-
Power
point presentation
-
Video
tentang memberikan saran: Learn
To Give Advice. Easy English Conversation Practice
-
Video
tentang memberikan tawaran: Can, could and would for invitations, offers,
requests, and permission.
-
Loud
speaker laptop
-
laptop
-
LCD
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Siswa Bahasa Inggris SMK kelas XI semester 1
-
Guru
-
Internet:
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1)
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
mebuka dengan salam dan berdoa bersama
·
Brainstorming
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh video tentang ungkapan
memberikan saran yang diputar oleh guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari dialog dalam video
·
Siswa
belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan saran, respon, dan solusinya
berdasarkan video yang disajikan
·
Siswa
mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan saran dan responnya.
·
Siswa
dituntut untuk mencontoh video
tersebut dengan memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa
Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya
Menanya
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
·
Siswa saling
berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan saran dan
responnya.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi saran dan
tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa
menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta
responnya.
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan
tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang
ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran
dan tawaran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
·
Siswa
membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
memberi saran dan tawaran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
3)
Kegiatan
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi,
penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temannya
dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue
dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang harapan dan cita-cita) dan tes tertulis (membuat dialogue dan jazz chant yang
dimodifikasi dengan bahasa sendiri).
3. Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin
percaya diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
I. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan
mengembangkan draf, project.
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
||||||
2.
|
||||||
3.
|
||||||
4.
|
||||||
40
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
4
= selalu konsisten
5
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas :
________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan
dialog tentang
memberikan saran
|
||||||
2.
|
PELAKSANAAN
|
||||||
a. Isi
|
|||||||
b. Struktur
Teks
|
|||||||
c. Kosakata
|
|||||||
d. Kalimat
|
|||||||
e. Mekanik
|
|||||||
3.
|
LAPORAN PROYEK
|
||||||
a. Performa
|
|||||||
b. Penguasaan
materi proyek
|
Metro,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran
Ristuning
Waluyati, S.Pd Dedi Setiawan
NIP. 197708102005022002 NPM.
1175767
Kepala SMA N 1 TRIMURJO
Drs.
PURYANTO
NIP. 196504051990031009
pertemuan 2
pertemuan 2
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : SMA N 1 TRIMURJO
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : XI/1
Materi
Pokok :Ungkapan memberikan saran dan
tawaran
Alokasi
Waktu : 2 X 45 menit
A. Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif dan pro-aktif dan menunjukan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4.
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1.
Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional yang diwujudkan
dalam semangat belajar
2.1. Menunjukkan perilaku santun dan peduli
dalam melaksanakan komunikasi interpersonal dengan guru dan teman
2.2. Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, percaya diri, dan bertanggung jawab dalam
melaksanakan komunikasi transaksional dengan guru dan teman.
2.3. Menunjukkan perilaku tanggung jawab, peduli,
kerjasama, dan cinta damai, dalam melaksanakan komunikasi fungsional.
3.1 Menganalisis fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan pada ungkapan memberi saran dan tawaran, serta responnya,
sesuai dengan konteks penggunaannya
4.1 Menyusun teks lisan dan tulis untuk menyatakan, menanyakan, dan
merespons ungkapan memberi saran dan tawaran, dengan memperhatikan fungsi
sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Indikator
Pencapaian Kompetensi(IPK):
3.1.1
Mengidentifikasi gambaran umum, informasi tertentu dan rinci dari
teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.1.2
Mengurai gambaran umum dan informasi
tertentu dari teks pada ungkapan saran dan penawaran dengan penuh percaya diri
dan bertanggung jawab.
3.1.3
Meendeteksi fungsi sosial, struktur teks,
dan unsur kebahasaan dari teks pada ungkapan saran dan penawaran.
C. Tujuan
Pembelajaran
Siswa terampil menggunakan ungkapan menyatakan dan
menanyakan tentang suatu saran dan tawaran dalam teks lisan dan tulis sesuai
konteks dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur
kebahasaan, yang benar dan menunjukkan perilaku jujur, disiplin, percaya diri,
dan bertanggung jawab.
D. Materi
Pembelajaran
“Teks lisan dan tulis untuk memberi
saran dan tawaran dan responnya.”
1.
Fungsi
Sosial
Menjaga
hubungan interpersonal dengan guru, teman, dan orang lain.
2.
Struktur
text
Gamal : Why
don’t you talk to your parents. You should let them know. I think they will
understand.
Siti :
I don’t know. But I’m afraid they will be angry with me.
Gamal : I
don’t think so. Just go.
Evi :
He will go out from the class at 10. You
can wait for him in my room.
Johan :
Thanks a lot. But I’d better go to bank
first, and then I’ll go back
Evi :
Okay. I’ll tell him that you came.
3.
Unsur
kebahasaan
(1)
Kosa
kata terkait dengan kesehatan, tugas sekolah, kebersihan lingkungan , dsb.
(2)
Tata
bahasa: simple past tense, simple
present tense, present perfect tense.
(3)
Kata
kerja bantu modal should, have to, can,
will, dsb.
(4)
Ungkapan
I think, I know.
(5)
Penggunaan
nominal singular dan plural secara tepat, dengan atau tanpa a, the, this, those, my, their, dsb
secara tepat dalam frasa nominal
(6)
Ucapan,
tekanan kata, intonasi
(7)
Ejaan
dan tanda baca
(8) Tulisan tangan
4.
Topik
Berbagai
hal terkait dengan interaksi siswa dengan guru, teman, adik, kakak, dsb.
tentang berbagai kegiatan siswa sehari-hari di rumah, sekolah, di dalam maupun
di luar kelas.
E. Metode
Pembelajaran
Grammar
translation methode
Role
play tehnik
Pendekatan scientifik
Strategi :Menyimak,
diskusi kelompok, studi pustaka, penugasan individu dan kelompok (proyek)
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media/
Alat/Bahan
-
Power
point presentation
-
Video
tentang memberikan saran: Learn
To Give Advice. Easy English Conversation Practice
-
Video
tentang memberikan tawaran: Can, could and would for invitations, offers,
requests, and permission.
-
Loud
speaker laptop
-
laptop
-
LCD
2.
Sumber
Belajar
-
Buku
Siswa Bahasa Inggris SMK kelas XI semester 1
-
Guru
-
Internet:
G. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
1)
Kegiatan
Pendahuluan
·
Guru
mengecek kesiapan siswa belajar baik secara fisik maupun psikologis.
·
Guru
mebuka dengan salam dan berdoa bersama
·
Brainstorming
·
Guru
menanyakan pengalaman siswa dalam berbahasa Inggris (social chat);
·
Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang akan dicapai;
·
Guru
menyampaikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang
akan dilakukan siswa untuk menyelesaikan
latihan-latihan dan tugas dalam pembelajaran.
2)
Kegiatan
Inti
Mengamati
·
Siswa
menyimak contoh video tentang ungkapan
memberikan saran yang diputar oleh guru
·
Siswa
mengamati nilai moral
dari dialog dalam video
·
Siswa
belajar menemukan masalah, ungkapan memberikan saran, respon, dan solusinya
berdasarkan video yang disajikan
·
Siswa
mengidentifikasi cara-cara ungkapan memberikan saran dan responnya.
·
Siswa
dituntut untuk mencontoh video
tersebut dengan memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam bahasa
Inggris, dengan unsur kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya
Menanya
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa menanyakan dan mempertanyakan antara lain
tentang perbedaan antara cara memberi saran dan tawaran serta responnya, dalam
bahasa Inggris dengan yang ada dalam bahasa Indonesia, kemungkinan menggunakan
ungkapan lain, akibat jika tidak melakukan, dsb.
·
Siswa saling
berargumen dan bertanya tentang ungkapan-ungkapan memberikan saran dan
responnya.
Mengumpulkan Informasi/Mengeksplorasi
·
Siswa
mendengarkan dan menyaksikan banyak contoh interaksi dengan memberi saran dan
tawaran serta responnya dalam bahasa Inggris dari film, kaset, buku teks, dsb.
·
Siswa
menirukan contoh-contoh interaksi dengan memberi saran dan tawaran serta
responnya dalam bahasa Inggris dengan ucapan, tekanan kata, intonasi, dan sikap
yang benar.
·
Dengan
bimbingan dan arahan guru, siswa mengidentifikasi ciri-ciri (fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan) interaksi memberi saran dan tawaran serta
responnya.
·
Secara
kolaboratif, siswa berusaha menggunakan bahasa Inggris untuk memberi saran dan
tawaran serta responnya dalam konteks pembelajaran, simulasi, role-play, dan kegiatan lain yang
terstruktur
Mengasosiasi
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah
dikumpulkan dari berbagai sumber tersebut di atas.
·
Siswa
membandingkan ungkapan memberi saran dan tawaran serta responnya yang telah
dipelajari tersebut di atas dengan yang
ada di sumber-sumber lain, atau dengan yang digunakan dalam bahasa lain.
·
Siswa
memperoleh balikan (feedback) dari guru dan teman tentang fungsi sosial
dan unsur kebahasaan yang digunakan
Mengkomunikasikan
·
Siswa
menggunakan bahasa Inggris setiap kali muncul kesempatan untuk memberi saran
dan tawaran serta responnya, di dalam dan di luar kelas, dengan unsur
kebahasaan yang sesuai dengan fungsi sosialnya.
·
Siswa
berupaya berbicara secara lancar dengan ucapan, tekanan kata, intonasi yang
benar dan menulis dengan ejaan dan tanda baca yang benar, serta tulisan yang
jelas dan rapi.
·
Siswa
membicarakan permasalahan yang dialami dalam menggunakan bahasa Inggris untuk
memberi saran dan tawaran serta responnya dan menuliskannya dalam jurnal
belajar sederhana dalam bahasa Indonesia.
3)
Kegiatan
Penutup
·
Siswa dengan bimbingan guru menyimpulkan
pembelajaran hari itu
·
Guru
memberikan umpan balik pembelajaran
·
Guru
menyampaikan rencana pembelajaran untuk pertemuan berikutnya
H. Penilaian
1. Jenis/teknik penilaian
-
tes tulis dan tes kinerja
Penilaian proses berlangsung selama
pembelajaran berlangsung yang dimulai sejak aktivitas mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi hingga
mengkomunikasikan.
Sikap:
- observasi,
penilaian diri, teman sejawat
(capaian siswa dinilai oleh guru, siswa
sendiri dan temannya
dengan menggunakan daftar cek
atau skala penilaian (rating scale) yang disertai rubrik.
- Jurnal, di
dalam dan luar kelas, berupa catatan pendidik.
Guru mengobservasi dan mencacatat perilaku
siswa yang mencakupi sikap dan keterampilannya
Pengetahuan:
Pengetahuan siswa tentang struktur
teks, unsur kebahasaan dievaluasi dengan menggunakan testulis/lisan
&penugasan (PR)
Keterampilan:
Unjukkerja/Praktik, jurnal.
2. Bentuk instrumen dan instrumen
Role play (memerankan dialogue
dengan menggunakan ungkapan menyatakan dan menanyakan tentang harapan dan cita-cita) dan tes tertulis (membuat dialogue dan jazz chant yang
dimodifikasi dengan bahasa sendiri).
3. Pedoman penskoran
Rubrik
a. Aspek
Sikap
No.
|
Butir Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Jujur
|
5: selalu jujur
4: sering jujur
3: kadang-kadang jujur
2: jarang jujur
1: tidak pernah jujur
|
|
2.
|
Bertanggung jawab
|
5: selalu tanggung jawab
4: sering tanggung jawab
3: kadang-kadang tanggung
jawab
2: jarang tanggung jawab
1: tidak pernah tanggung
jawab
|
|
3.
|
Kerjasama
|
5: selalu kerjasama
4: sering kerjasama
3: kadang-kadang
kerjasama
2: jarang kerjasama
1: tidak pernah kerjasama
|
|
4
|
Disiplin
|
5: selalu disiplin
4: sering disiplin
3: kadang-kadang disiplin
2: jarang disiplin
1: tidak pernah disiplin
|
|
5
|
Percaya diri
|
5: selalu percaya diri
4: sering percaya diri
3: kadang-kadang percaya
diri
2: jarang disiplin
percaya diri
1: tidak pernah percaya
diri
|
|
b. Aspek
Pengetahuan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Pengucapan
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
2.
|
Intonasi
|
5
= Hampir sempurna
4
= ada kesalahan tapi tidak mengganggu makna
3
= ada beberapa kesalahan dan mengganggu makna
2
= banyak kesalahan dan mengganggu makna
1
= terlalu banyak kesalahan sehingga sulit dipahami
|
|
3.
|
Ketelitian
|
5
= sangat teliti
4
= teliti
3
= cukup teliti
2
= kurang teliti
1
= tidak teliti
|
|
4.
|
Pemahaman
|
5
= sangat memahami
4
= memahami
3
= cukup memahami
2
= kurang memahami
1 = tidak memahami
|
|
c . Aspek Keterampilan
No.
|
Butir
Sikap
|
Deskripsi
|
Perolehan skor
|
1.
|
Melakukan
tindak komunikasi yang tepat
|
5
= Selalu melakukan kegiatn komunikasi yang tepat
4
= Sering melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
3
= Beberapa akli melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
2
= Pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
1
= tidak pernah melakukan kegiatan komunikasi yang tepat
|
|
I. Penilaian
1.
Jenis/Teknik Penilaian
·
Sikap (melalui rubric pengamatan sikap selama
pembelajaran)
·
Pengetahuan: tes tertulis
·
Keterampilan: reading aloud, keterampilan
mengembangkan draf, project.
2.
Bentuk instrumen
Instrumen penilaian sikap
No
|
Nama
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||
Tanggungjawab
|
Peduli
|
Kerjasama
|
Cinta damai
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
40
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skala penilaian sikap dibuat dengan rentang antara 1 s.d 5
1 = sangat kurang;
2 = kurang konsisten;
3 = mulai konsisten;
4 = konsisten;
4
= selalu konsisten
5
Penilaian Proyek
Nama Proyek :
Alokasi waktu :
Pembimbing :
Nama : (kelompok/pribadi)
Kelas :
________________________
No.
|
Aspek
|
Skor (1 – 5)
|
Keterangan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||
1.
|
PERENCANAAN
Pembuatan
dialog tentang
memberikan saran
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
PELAKSANAAN
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Isi
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Struktur
Teks
|
|
|
|
|
|
|
|
c. Kosakata
|
|
|
|
|
|
|
|
d. Kalimat
|
|
|
|
|
|
|
|
e. Mekanik
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
LAPORAN PROYEK
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Performa
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penguasaan
materi proyek
|
|
|
|
|
|
|
Metro,
Agustus 2014
Mengetahui,
Guru
Pamong Guru Mata Pelajaran
Ristuning
Waluyati, S.Pd Dedi Setiawan
NIP. 197708102005022002 NPM.
1175767
Kepala SMA N 1 TRIMURJO
Drs.
PURYANTO
NIP. 196504051990031009
Tidak ada komentar:
Posting Komentar